Kegiatan Safari Ramadhan Berbagai Ormas di Bonapasogit pada Bulan Ramadhan - Simaninggir

Home Top Ad

Selasa, 17 April 2018

Kegiatan Safari Ramadhan Berbagai Ormas di Bonapasogit pada Bulan Ramadhan

ilustrasi
SIMANINGGIR ONLINE --  Persatuan Batak Islam (PBI) dan Jamiyah Batak Muslim (JBMI) mempunyai program safari dakwah setiap bulan Ramadhan ke berbagai daerah di Bonapasogit. berikut di antara beritanya.

Momentum bulan suci Ramadan dijadikan puluhan anggota Persatuan Batak Islam Sumatera Utara (PBI Sumut) konsolidasi dengan menggelar acara silaturahmi dan buka puasa bersama. Kegiatan ini berlangsung di rumah makan Sederhana di Jalan Tritura, Jumat malam hingga pukul 20.30 WIB (10/6/2016)

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah PBI Sumut Baharudin Siagian mengatakan, pertemuan berbuka puasa bersama harapannya dijadikan momen konsolidasi. Untuk selanjutnya merencanakan rangkaian acara Safari Ramadan ke daerah-daerah tergolong tingkat dua atau minoritas.

"Rencananya kita akan menyisiri Pulau Samosir dengan bersafari ceramah agama dan menyantuni anak yatim. Nanti kita ke Balige di Masjid Raya memberi bantuan sekadar bantuan yang dihimpun dari PBI Sumut," katanya.

ilustrasi

"Berharap PBI ini bisa selalu melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat bagi masyarakat. Mudah mudahan Ramadan selanjutnya, setiap anggota PBI bisa menjalankan tugas-tugas di tempat kerja. Semoga pertemuan ini menjadi amal jariah,"

Hal senada juga disampaikan Ketua Umum DPP PBI Khaidir Sigalingging, katanya, pertemuan ini untuk menggagas Safari Ramadan ke sejumlah lokasi-lokasi minoritas terpencil. Safari nantinya juga akan diisi dengan sejumlah acara-acara bernuansa syiar Islam sebagai upaya mendekatkan Islam ke masyarakat di daerah-daerah pedalaman.

"Harapan kami ke depan juga akan diadakan Safari Ramadan ke lokasi mayoritas seperti Sidempuan dan Labuhan batu. Kalau tidak ada halangan kita akan melaksanakan pelantikan dan sekaligus halal bi halal untuk masyarakat kota tingkat dua," jelas

Saat ini PBI Sumut tengah berupaya memaksimalkan waktu Ramadan yang tinggal tiga Minggu. Untuk itu, ia mengajak segenap anggota PBI untuk beruoaya menghimpun donatur-donatur dalam kegiatan amal yang akan mereka lancarkan.

"Masih ada tiga Minggu mencari donatur-donatur yang nantinya untuk memberi bantuan bagi saudara saudara kita di tingkat dua," sebutnya.

Ketua Dewan Pembina PBI HSD Panggabean, mengingatkan ke depan PBI agar datang ke daerah membawa buah tangan yang khususnya dapat mensejahterakan warga.
Ia menyarankan, kalau PBI mau maju alangkah baiknya mengusahakan dan membina para pelaku ekonomi kecil.

Pada pertemuan ini PBI Sumut menunjuk ketua tim Safari Ramadhan, H Ar Rifai Tambunan untuk mengatur bakti sosial ke daerah tingkat dua di Sumut. PBI juga tengah menyusun sejumlah agenda syiar Islam dengan masuk ke daerah minoritas, khususnya untuk memberi spirit kepada warga Muslim di tanah Toba.

"Kita mencoba menindaklanjuti ide Ketua Kadin Sumut Ivan Batubara, yakni membangun masjid di tengah Pulau Samosir, Danau Toba. Kita harus mencobanya, apalagi saat ini Danau Toba sedang hangatnya diperbincangkan," kta Ar Rifai

Sebelum berakhirnya acata konsolidasi Safari Ramadan PBI Sumut, mereka dalam waktu dekat akan menggelar Safari Ramadhan ke daerah pesisir Timur dan Barat, yakni ke Pakpak Barat, Humbang Hasundutan dan Tanjungbalai.


ilustrasi

Kegiatan JBMI

Tim Rombongan Safari Dakwah Jamiyah Batak Muslim Indonesia Provinsi Sumatera Utara kembali berkunjung ke mesjid-mesjid diberbagai kabupaten/kota untuk melakukan safari dakwah dan safari ramadhan dimulai pada tanggal 22 s.d 24 juli 2014, rombongan safari tersebut langsung dipimpin oleh Ketua JBMI Provinsi yaitu H. Aidan Nazwir Panggabean ditemani pengurus GEMA JBMI Sumut Jabaruddin Hasibuan, AMd. Kom dan Adi Syahputra Sirait, SH.I

Mesjid – mesjid yang dikunjungi oleh DPW JBMI Provinsi Sumatera utara merupakan daerah minoritas muslim yang ada di kabupaten Tobasa dan Samosir,sehingga para rombongan dapat berinteraksi langsung dengan para ummat muslim yang sedang melaksanakan puasa ramadhan di daerah2 minoritas muslim tersebut.



Kunjungan pertama yang dilakukan oleh DPW JBMI yaitu di Mesjid Nurul Iman yang berada di Kecamatan Silamosik, tim safari berdiskusi dan bermudzakarah dimesjid tersebut, dan tim safari juga memberikan bantuan untuk mesjid yang sedang dalam proses pembangunan, kemudian tim melanjutkan perjalanan kemesjid al-muhajirin di Desa Tampubolon Kecamatan Balige, tim safari juga ikut serta melaksanakan tarawih dan dzikir bersamaah disana, pada kesempatan tersebut Ketua JBMI menyampaiksan sambutannya yaitu bahwa DPW JBMI pada ramadhan kali ini mengadakan program yang bernama BONA PASOGIT BERTASYBIH yang muatannya berupa safari keberbagai mesjid di berbagai kabupaten/kota yang minoritas muslim, dan pada kesempatan itu juga ketua JBMI menyampaikan agar ummat muslim dapat menghidupkan malam-malam ramadhan ini dengan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dengan bertarawih,tadarus dan kegiatan lainnya.

ilustrasi


Pada kegiatan itu juga dilakukan tausyiah oleh Ustadz Drs. Hamdan Manurung yang pada kesempatan itu menyampaikan agar ummat muslim di bumi bona pasogit ini untuk tidak membeda-bedakan dan memisahkan antara urusan duniawi dan ukhrawi, dan ustadz tersebut juga menganjurkan kepada para jama’ah untuk turut berdo’a atas duka yang dihadapi oleh para saudara-saudara yang berada di jalur gaza palestina,karena penderitaan juga merupakan penderitaan ummat muslim didunia. Pada kegiatan itu juga DPW JBMI memberikan bantuan kepada pengurus BKM tersebut untuk kegiatan – kegiatan keagamaan yang dilaksanakan dimesjid itu.

Setelah kegiatan itu, tim safari melanjutkan perjalanan nurul iman di kecamatan lagu boti, tim safari melaksanakan tadarus berjamaah dan khatam al-qur’an dengan para jama’ah disana, dan setelah itu tim safari akan melanjutkan perjalanan ke kabupaten samosir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar